Visitor

Wednesday, July 1, 2015

belajar bahasa

Salaam everyone.


Hari ini tepat masuk tanggal 1 Juli ya. Tidak terasa memang waktu itu cepat sekali berlalunya, ya. Ngomong-ngomong, mumpung lagi ada waktu senggang, aku mau update blog lagi. Entah kenapa ya, blogku ini tuh udah jadi sesuatu yang menempel di aku banget. Aku register blog ini dari tahun 2008, jadi kerasa banget kalau zaman baheula dulu tuh masih suka alay-alay-nya nge-blog. Untungnya sih sudah kuhapus, hihi. Dan ngomongin soal blog, aku pengen cerita sedikit mengenai belajar bahasa. Mungkin postingan selanjutnya akan sering aku update mengenai pembelajaran bahasa. Yap, aku mau belajar bahasa lain lagi. Belum berani ke Eropa sih, baru Asia dulu, hehe. Aku lagi persiapan untuk les bahasa Korea, nih.

Jadi, ceritanya, aku punya sahabat macam sahabat dunia maya gitu. Namanya Aci. Dia ini udah kedoktrin banget sama hal-hal yang berbau Korea. Akhirnya Aci ambil les dan ikut ujian bahasa Korea. Menurutku sih, Korea ga sulit untuk dipelajari. Apalagi cara menulisnya. Lebih susah Jepang loh. Aci udah jago banget dan udah punya beberapa anak murid. Kebetulan, aku juga seorang guru les private. Muridku ada 3. Jadi setiap minggu aku selalu menyempatkan buat soal dan materi. Lumayan sih kalau jadi guru itu, jadi belajar lagi.

Beberapa waktu lalu, Aci cerita sama aku kalau dia sama teman-temannya mau pergi ke Jepang. Tapi masalahnya Aci ngga bisa bahasa Jepang sama sekali. Mungkin ini bukan kebetulan ya, ini udah qodarullah, aku nawarin Aci untuk les sama aku. Aci langsung kegirangan. Terus, aku coba tanya ke Aci apa dia bisa ngajarin aku bahasa Korea atau ngga? Ternyata kita sama-sama guru les private, Yaudah deh, akhirnya kita berencana untuk tukeran ilmu di bulan Agustus mendatang, insyaAllah. Aku perlu persiapan matang untuk belajar percakapan Korea setidaknya, siapatahu Allah mengizinkan aku berangkat ke sana dengan gratis, hehehe.

Karena Aci mau ngajarin aku bahasa Korea, biaya lesnya jadi gratis. Dan kami berencana belajar selama 4 jam kurang lebih. Istirahat mungkin 15 menit cukup ya. Aku jadi ngga sabar untuk buat materi baru karena Aci benar-benar buta huruf Jepang. Ya, beginilah aku. Selalu suka sama pelajaran bahasa. Dari dulu. Dari kecil bahkan. Kalau kita menguasai bahasa asing, aku yakin deh, akan sangat mudah kita untuk jalan-jalan keliling dunia tanpa harus takut tersesat atau dibohongi orang. Setidaknya, pada saat kita belajar bahasa, perhatikan juga pelajaran tentang budaya. Dua hal itu penting. Kalau kita cuma ngandelin bahasa tanpa mengenal budaya, kita bisa di-'injak' sama mereka secara ngga langsung. Tapi kalau kita kenal keduanya, setidaknya kita bisa was-was sama cultureshock.


Segitu saja ceritaku hari ini. Nanti disambung lagi ya.

No comments:

Post a Comment