Visitor

Sunday, October 26, 2014

Q&A Edisi 2



Q: Kak, aku mau tanya dari sudut pemikiran kakak, gimana caranya kita menghadapi keadaan sekitar yang tidak sesuai dengan deen Islam?

A: Yang pertama harus dilakukan adalah banyak belajar, banyak menuntut ilmu, banyak berteman dengan orang shalih. Itu perlu banget. Karena, kalau kita 'kosong', kita bisa akan sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan lain. 

Yang kedua, perbanyaklah mengoreksi diri sendiri. Untuk apa? Kalau kita bisa memperbaiki diri, berarti kita juga menghargai diri kita sendiri, berarti kita juga mempunyai keinginan untuk menjadi manusia yang lebih baik -- manusia yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Banyak-banyaklah menyalahkan diri sendiri, bukan dalam arti, diri kita ini selalu salah -- tetapi fokuskan pandangan untuk tidak merasa diri kita paling benar dan banyak-banyaklah memohon ampun kepada Allah.

Yang ketiga, kalau kita sudah yakin dengan ilmu yang kita miliki, datangilah mereka. Setidaknya, jika mereka itu bagian dari keluarga atau teman terdekat, beritahulah dengan lisan yang baik. Tentunya dengan senyum yang ramah dan bukan perkataan yang menyinggung perasaan. Ingat 'kan bagaimana dakwah Rasulullah  صلى الله عليه وسلم, beliau tidak pernah mengajarkan kepada kita untuk bertindak kasar, bukan? 

Nah, kalau ketiga poin di atas sudah bisa dikerjakan, bi'ithnillah kita sudah berada di jalan yang benar -- jalannya Allah. Dan selalu ingat, bahwa Allah mencintai hamba-Nya dengan banyak memberikan cobaan. Jadi jangan heran kalau begitu dicoba, kok sulit sekali rasanya. Betapa mahalnya surga itu.

Wallahu'alam bisshawab. 

No comments:

Post a Comment