Visitor

Friday, July 18, 2014

How do you spent your last Ramadhan?

Salam alaykum :)

Malam hari ini coba ditengok langitnya. Indah, bukan? Aku sangat suka kegelapan malam. Karena di sana Allah ciptakan keindahan bulan yang menghiasi langit malam. Nikmat mana lagi yang ingin kau dustakan?

Tepatnya hari ini, tertanggal 17 Juli 2014. Malam ke 20 Ramadhan. Itu artinya sebentar lagi kita akan meninggalkan Ramadhan. Tentunya ini menjadi kerinduan yang terus-menerus bagi umat muslim. Bagaimana tidak, Allah memberikan 100x kebaikan di bulan suci ini dibanding bulan-bulan lainnya. Kalau kita perbanyak doa, shalat malam, mohon ampun, dzikir, membaca Al-Qur'an, in syaa Allah, kita akan jauh dari azab-Nya. 

Aku ingin sekadar sharing saja ya. Kebetulan internet di rumah lagi bener, nih. Jadi, sebetulnya dari awal masuk bulan Ramadhan, aku sudah niat untuk kembali mengkhatamkan juz amma. Dalam artian, aku mau selama 30 hari ini aku fokus menghafal. Aku malu, usia sudah hampir 22 tahun tapi juz 30-nya masih belum khatam-khatam juga. Sedangkan adik-adik hafizh Qur'an sudah bisa menghafalkan lebih dari 1 juz. Dengan niat itu, aku mau mantap menghafalkan. Bukan hanya menghafal, tapi aku berharap aku mampu memahami arti, merenungi dari setiap ayat-ayat yang kubacakan. Juga tak tertinggal, memperbaiki bacaanku. Walaupun aku belum memiliki murabbi lagi yang bisa mengajarkanku, setidaknya aku masih punya audio murathal dan aku bisa cek tajwidku dari situ. Mudah-mudahan Allah kabulkan aku memiliki suami yang hafidz dengan pemahaman hukum tajwid yang bagus. Aamiin. Hehehe.

Ohya, ini kuselipkan gambar yang sempat kufoto beberapa bulan lalu. Tepatnya...


11 bulan yang lalu, September 2013.


Kalian tahu nggak ini apa?

Semoga ini bukan riya'. Karena tujuanku memperlihatkan ini hanya untuk sharing ke kalian semua. Mungkin saja teman-teman bisa ambil ide ini untuk dipajang di rumah masing-masing. Ya, jadi ini adalah papan hafalan. Aku pajang di meja belajar. Supaya aku bisa bersemangat menghafalkan Al-Qur'an. Setiap kali aku sudah percaya diri hafal satu surah, aku tempelkan nama surahnya di papan ini. Aku buat berwarna-warni supaya cantik dan menarik. Jadi kalau sudah khatam, semuanya penuh deh. Nah, kebetulan sekarang aku mau memunculkan gambar berikutnya...

Ini adalah gambar yang baru saja kuambil beberapa menit lalu.


Dan satu lagi, aku ingin sharing cara menghafal dengan sistem hitung jari.


Jadi pada saat muraja'ah, teman-teman pegang tangan kanan masing-masing dan perhatikan ruas jari yang aku tuliskan angka berwarna merah. Setiap ayat tekan angkanya. Itu untuk menunjukkan ayat berapa. Kalau sudah masuk ayat 15, kembali ke angka 1. Dihitungnya seperti itu. Nah, ini seru banget loh. Teman-teman bisa coba pada saat menghafal ya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment