Visitor

Friday, April 25, 2014

Ayo Belajar Bahasa Arab!

Assalamu'alaikum :)



Di pagi Jum'at ini in syaa Allah saya mau share sesuatu ya. 


Untuk teman-teman, sahabat, saudara sekalian yang ingin sekali belajar bahasa Arab tapi masih kesulitan di mana sih tempatnya, biayanya berapa, dan seberapa sulitnya sih bahasa Arab itu. Ayo ikut gabung di PROGRAMBISA.




Alhamdulillah teman-teman.

Buat kalian yang lagi bingung-bingung mau belajar bahasa Arab di mana dan sama siapa. Baca FAQ berikut ini ya:




Belajar Ilmu bahaSa Arab (BISA) adalah program khusus non formal jarak jauh yang diluncurkan sebagai bagian dari cita-cita untuk sebanyak mungkin membantu umat Islam agar bisa "melek" bahasa Arab di tengah-tengah kesibukan dalam menjalani aktivitas keseharian masing-masing.

Program BISA sengaja dirancang dengan silabus dan kurikulum yang telah disesuaikan untuk seluruh tingkatan pemahaman dan profesi sehingga orang yang belum belajar bahasa Arab sekalipun in syaa Allah bisa menuntaskan program BISA dalam 2 bulan dengan 8 kali pertemuan online via aplikasi Whatsapp Messenger masing-masing 90 menit yang dilaksanakan setiap minggu sore pukul 16:00-17:30.


Persyaratan Peserta:

1. Telah lancar membaca Al-Qur'an.
2. Muslim/ah usia 18 tahun ke atas.
3. Memiliki hafalan surat-surat pendek dan ayat-ayat populer dalam Al-Qur'an.
4. Berkomitmen menyelesaikan pembelajaran hingga tuntas.
5. Bersedia mengabdi setelah lulus bila diminta oleh Admin. Mengabdi di sini maksudnya adalah membantu Admin dalam menangani kelas. Ini dilakukan supaya lebih banyak kuota peserta yang dapat diterima dan lebih banyak muslimin yang bisa merasakan manfaat dari program BISA.


Persyaratan Teknis:

1. Memiliki smartphone yang bisa menjalankan aplikasi Whatsapp.
2. Memiliki koneksi internet yang memadai.
3. Memiliki akun email dan terbiasa mengirim email dengan lampiran.
4. Sebaiknya memiliki smartphone yang bisa menulis bahasa Arab (Android, iPhone). Disarankan android versi ICS ke atas karena paling mendukung Arabic. Blackberry dan Windows Phone masih diperkenankan mendaftar sepanjang memiliki komitmen (menulis Arab dengan tulisan latin masih diperkenankan).


Peraturan Belajar:

1. Wajib menghadiri muhadharah online rutin tiap pekan (Minggu Sore pukul 16:00-17:30) di Whatsapp.
2. Wajib mengerjakan PR. Peserta yang tidak mengerjakan PR 2x berturut-turut atau 3x tidak berturut-turut akan dikeluarkan atau di-drop out dari kelas. Setiap minggu akan ada PR hafalan dan PR tulisan. PR tulisan dikumpulkan melalui email. PR hafalan disetor ke grup Whatsapp.

Biaya: GRATIS!


Cara Mendaftar:

Jika kamu memenuhi persyaratan yang disebutkan serta sanggup memenuhi peraturan yang ditetapkan dan berkomitmen untuk menyimak seluruh pelajaran dan mengerjakan semua tugas yang diberikan, kamu bisa mendaftar dengan cara berikut:

1. Like Fanpage BISA di www.facebook.com/ilmusharaf
2. Unduh diktat atau buku pegangan di link berikut ini: http://www.programbisa.com/p/diktat.html
3. Add akun Whatsapp BISA:
Ikhwan: 08973540904
Akhwat: 085711283080
Kemudian mendaftar dengan format:

Nama - Usia - Pekerjaan - Tempat Tinggal - Pengalaman Belajar Bahasa Arab (jelaskan kitab yang pernah dipelajari beserta durasinya)

Setelah itu kamu wajib memberikan bukti bahwa kamu telah mengunduh buku diktat saat mendaftar baik dengan cara difoto maupun screenshot atau cara lain.


Informasi Angkatan:

1. Angkatan Pertama dimulai pada 22 Desember 2013 dengan jumlah peserta yang mendaftar 44 orang ikhwan dan telah meluluskan 23 peserta pada 9 Februari 2014. 21 peserta mengeluarkan diri atau dikeluarkan dari kelas karena tidak mengerjakan tugas.

2. Angkatan Kedua dimulai pada 19 Januari 2014 dengan jumlah peserta terdaftar 100 orang dengan rincian 26 peserta akhwat dan 74 peserta ikhwan. Angkatan kedua in syaa Allah akan menjalani ujian akhir pada 9 Maret 2014.

3. Angkatan Ketiga telah dimulai pada 2 Maret 2014 dengan kuota 250 peserta dengan rincian 175 ikhwan dan 75 akhwat dan in syaa Allah akan ujian pada 20 April 2014.

4. Angkatan Keempat akan dimulai pada 13 April dengan kuota 500 peserta dengan rincian 250 ikhwan dan 250 akhwat.

5. Angkatan Kelima baru akan dimulai pada 18 Mei 2014 dengan kuota 1000 peserta dengan rincian 500 ikhwan dan 500 akhwat. Pendaftaran dibuka mulai 24 April - 16 Mei 2014. Bisa ditutup lebih cepat bila kuota telah terpenuhi.

Jadi, teman-teman, pendaftaran sudah dibuka sejak kemarin (24 April 2014) ayo daftar ajak teman-teman sebanyak-banyaknya! Ini adalah solusi terbaik untuk teman-teman yang sibuk, banyak pekerjaan, tapi ingin sekali belajar bahasa Arab via online, tanpa harus datang ke tempat les. 


Tim Pengajar:

Pembina: Ustadz Muhammad Mirjani, Lc (Alumni Fak Hadist Universitas Islam Madinah)

Mudarris Ikhwan:

1. Khairul Umam, S.T, B.A (Alumni Teknik Metalurgi UI dan Fak Dakwah Universitas Al-Madinah Internasional - MEDIU)
2. Athoilah, B.A (Alumni Fak Hadist Universitas Al-Madinah Internasional - MEDIU)

Mudarris Akhwat:

1. Lailatul Hidayah, B.A (Alumni Fak Dakwah Universitas Al-Madinah Internasional - MEDIU)
2. Muthmainnah, Lc (Alumni Fak Syariah LIPIA)

Muraqib Ikhwan:

1. Ahmad Zamzuli
2. Samingun
3. Maskulun

Muraqib Akhwat:

1. Ghina Lubab Mawaddah

Program BISA menerapkan sistem MLM (Multilevel Mudarris) di mana para alumni menjadi musyrif/ah (pembimbing) untuk angkatan selanjutnya. Dengan sistem ini, kami dapat menampung lebih banyak kuota peserta yang bisa diterima di setiap angkatannya, walhamdulillah.



"Pelajarilah bahasa Arab karena sesungguhnya ia adalah bagian penting dari agama kalian." 
(Umar bin Khathab radhiyallahu' anhu)



Sekian informasi dari saya. Semoga bisa membantu teman-teman. 




Wassalamu'alaikum :)

No comments:

Post a Comment