Visitor

Thursday, October 31, 2013

gaido suru no wa

Assalamu'alaikum wr. wb.


Sebenarnya hari ini aku sangat ingin mem-post sesuatu. Ada yang ingin kuceritakan. Kelas prakom kali ini aku benar-benar merasa seperti "kuliah". Baru pertama kali, kami--satu angkatan terasa betul dipersatukannya di kelas prakom ini. Apalagi, dosen kebanggaan kami, Suda-sensei turut banyak membantu dan menerangkan tentang tugas gaido yang mungkin 'memberatkan' kami. Katanya sih begitu. Tapi toh jangan lihat dari sisi negatifnya dulu. Tidak ada yang sulit jika kita mau berpikir itu mudah. Jadi, kami diberikan tugas untuk tanggal 27 November mendatang. Masing-masing dari kami dipecah lagi ke beberapa kelompok, setelah itu dibagi lagi untuk beberapa tugas lagi agar tidak terlalu berat. Kami akan jadi gaido bagi mahasiswa/i BIPA di STBA LIA. Nihonjin yang terdaftar ada 6 orang. Sedangkan kami lebih dari 20 orang. Dan kebetulan kami akan gaido di TMII. Aku kebagian menerangkan Anjungan Sumatera Barat bersama Neni, partnerku. Dan selama penjelasan dari Suda-sensei berlangsung, kami semua tidak ada henti-hentinya tertawa melihat ekspresi sensei yang begitu lucu. Ada yang tidak paham maksud beliau. Sehingga harus dijelaskan berkali-kali. Jujur saja, kalau dijelaskannya dengan bahasa Indonesia mungkin cukup sekali saja. Tapi ini kan dengan nihongo. Terkadang kami pun tak sanggup untuk memahami ucapan Suda-sensei yang cara bicaranya agak cepat. Beliau menganggap kalau kita semua yang ada di kelas ini orang Jepang. Tapi untungnya kami sudah terbiasa dengan cara mengajar beliau sejak semester satu.

Aku sempat merekam suara sensei di recorderku. Rencananya aku akan membuat blog di ameburo tentang gaido. Mungkin, setelah UTS nanti, aku akan mulai fokus belajar Prakom lewat rekaman. Bagaimanapun, suara sensei akan lebih mudah dipahami jika ada rekamannya. Nah, ide cemerlang bukan?

Semangat!
Yeay!



Wassalamu'alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment