Visitor

Thursday, June 6, 2013

Arti Bacaan Do'a

Hari ini aku sedang berusaha untuk menghapalkan beberapa do'a dan dzikir setelah shalat. Apakah kalian tahu apa arti di balik do'a-do'a yang dipanjatkan dalam shalat? Dulu, aku tidak tahu sama sekali. Aku hanya membacanya saja. Ya, hanya membacanya. Namun, apalah artinya jika kita hanya ingin cepat-cepat menyudahi shalatnya tanpa mengerti sebenarnya apa yang ada dalam do'a-do'a tersebut. Misalnya, mulai dari bismillah, kemudian Surah Al-Fatihah, bacaan doa iftitah, duduk diantara dua sujud, sampai do'a kedua orangtua dan selamat dunia akhirat. Sedih, kalau hanya bisa shalat tapi tidak memaknai arti do'a-do'a tersebut. Bahkan, rasanya hatiku bergetar saat membaca arti demi arti. Sungguh, sangat dalam dan menyentuh. Aku tidak ingin menggurui siapapun. Tapi aku ingin mengajak bahwa setiap do'a yang kita panjatkan dalam bahasa Arab sekali pun jika tidak tahu artinya, lalu bagaimana kita bisa mengkhusyukkan diri? Banyak sekali rupanya yang mengaku, ya hanya shalat saja, tidak tahu artinya, kan yang penting shalat. Begitukah adanya?

Aku sangat sedih jika memang begitu keadaannya. Setiap orang pasti memiliki kesalahan-kesalahan di masa lalu. Dan bukan bermaksud ingin merubah, tapi lebih kepada memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut. 

Seperti salah satu bacaan do'a yang sedang kuhapalkan.

Allahumma innaa nas aluka salaamatan fiddiin, wa’aafiyatan fil jasadi, wa ziyaadatan fil ilmi, wa barakatan fir rizqi, wa taubatan qablal mauut, wa rahmatan ‘indal mauut, wa magfiratam ba’dal mauut, Allahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil mauut, wan najaata minan naar, wal’afwa indal hisaab.

Ya Allah, ya Tuhan kami, kami mohon keselamatan agama, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu, dan berkah rezeki, dapat bertaubat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, dan memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah ya Tuhan kami, mudahkanlah kami pada gelombang sakaratul maut. Ya Allah, bebaskanlah kami dari azab neraka, serta memperoleh keampunan ketika dihisab.

No comments:

Post a Comment