Visitor

Wednesday, December 26, 2012

tentang mata

Tepat kemarin gue baru selesai ngambil kacamata baru dengan minus yang baru pula. Pusing, goyang dan sedikit keleyengan memakai kacamata baru ini. Tapi gimana, mama meminta gue untuk tetap pakai kacamata yang baru itu, ini dikarenakan 2 tahun lamanya gue ga periksa mata. Ternyata minusnya nambah 1,00. Nah, berhubung salah satu cara untuk memperbaiki mata yang rabun dengan mengkonsumsi wortel, dengan ini gue siap untuk mulai mengubah pola makan baru. 

Ada beberapa artikel ringkasan menarik yang berhubungan dengan mata, cekidot gan! :b

Kesehatan Mata
Seperti yang telah kita ketahui, wortel merupakan salah satu sayuran yang paling banyak mengandung vitamin A. Di retina vitamin A akan berubah menjadi rhodopdin yang merupakan salah satu pigmen untuk mempertajam penglihatan di malam hari.  

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat wortel yang bisa kita dapatkan dan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dapat  Mencegah Penyakit Kanker. Kandungan falcarinol yang terdapat di dalam wortel ini merupakan senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti-kanker.
  2. Menyehatkan Kulit. Vitamin A yang terdapat di dalam wortel inilah yang mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit anda. Selain itu, wortel juga mampu menghilangkan bercak hitam atau yang biasa disebut dengan flek wajah.
  3. Memelihara Kesehatan Mata. Mengenai manfaat wortel yang satu ini sudah tidak bisa lagi dipungkiri karena wortel merupakan salah satu sayuran yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita secara alami.
  4. Dapat Mencegah Penuaan Secara Dini. Kandungan beta karoten yang ada pada wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negative dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.
  5. Mampu Mencegah Stroke. Dari sebuah penelitian terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. Wortel sepertinya telah menjadi salah satu icon tanaman yang baik untuk kesehatan mata. Warnanya yang segar juga diikuti dengan manfaatnya yang baik untuk mata kita. Jika kita melakukan konsultasi ke dokter mata mengenai kesehatan mata kita maka salah satu nasihat sang dokter sebagian besar adalah mengonsumsi tanaman ini. Dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan menjadi salah satu favorit adalah dijadikan bentuk jus sehingga lebih mudah untuk dinikmati.

    Kandungan Gizi Wortel

    Mengenai kandungan gizi dari wortel sendiri yang berhubungan dengan kesehatan mata kita adalah vitamin A. Kita ketahui vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata kita. Jika tubuh kita kekurangan vitamin A akan menyebabkan keadaan avitaminosis A dan beresiko tinggi terjadi penyakit rabun senja. Untuk itu mereka yang memiliki masalah terhadap mata dianjurkan untuk mengonsumsi setiap hari. Selain itu sangat bermanfaat juga untuk mencegah menurunnya fungsi kesehatan mata kita. Kesehatan cukup penting bagi kehidupan manusia.  
Sudah sering kita dengar tentang khasiat wortel untuk kesehatan mata. Memang anggapan ini benar, namun juga ada salahnya. Selama ini orangtua sering menyuruh anaknya untuk mengkonsumsi wortel karena dipercaya dapat membuat mata menjadi sehat. Faktanya wortel tidak akan meningkatkan ketajaman visual seseorang yang sudah memiliki penglihatan yang kurang sempurna. Tapi vitamin yang terkandung di dalam wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. Wortel mulai terkait dengan kesehatan mata sejak perang dunia II. Pada saat itu pilot pesawat tempur John Cunningham memiliki penglihatan terbang yang bagus di malam hari setelah mengkonsumsi wortel secara rutin. Akhirnya banyak orang mengkonsumsi wortel agar bisa memiliki penglihatan yang sempurna.


Wortel mengandung senyawa beta karoten yaitu suatu zat yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A (salah satu gizi penting untuk kesehatan mata). Senyawa beta karoten adalah pigmen karotenoid yang ditemukan pada sayur dan buah-buahan yang berwarna oranye. Beta karoten ini merupakan precursor penting bagi pembentukan vitamin A. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin A ekstrem bisa menyebabkan kebutaan. Bahkan di beberapa Negara berkembang, kekurangan vitamin A menjadi penyebab utama kebutaan. Selain itu kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan Xeroftalmia yaitu kondisi mata tidak bisa lagi memproduksi air mata, mengalami kekeringan di mata, pembengkakkan kelopak mata dan gangguan kornea. Namun jika gangguan mata yang dialami bukan disebabkan karena kekurangan vitamin A, maka kondisi penglihatan tidak akan berubah meskipun seseorang mengkonsumsi wortel dalam jumlah besar. Wortel bukan satu-satunya sayuran yang mengandung beta karoten. Makanan lain seperti ubi jalar, mangga, aprikot, dan labu juga mengandung beta karoten. Selain itu susu, keju, kuning telur juga mengandung beta karoten. Ubi jalar, mangga, apricot, dan labu juga mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama lutein. Makanan yang mangandung banyak lutein dapat meningkatkan kepadatan pigmen dalam macula yaitu daerah berwarna kuning yang berbentuk oval dan terletak di dekat retina mata. Semakin besar kepadatan pigmen dalam macula, maka retina mata akan semakin terlindungi dengan baik dan mengurangi resiko degenerasi macula. Jadi jika gangguan mata disebabkan karena kekurangan vitamin A maka mengkonsumsi wortel bisa membantu memperbaiki kesehatan mata. Namun jika tidak disebabkan karena kekurangan vitamin A, mengkonsumsi woretl tidak akan memberikan pengaruh. Namun tidak ada salahnya jika mengkonsumsi wortel untuk memenuhi asupan vitamin A bagi tubuh.

Manfaat Wortel Mencerahkan Mata
Seiring bertambahnya usia lensa mata Anda akan tumbuh lebih tebal dan kurang transparan. Hasilnya adalah cahaya kurang mencapai retina Anda. Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Visi dan Aging menemukan cahaya retina pada usia 60 tahun umumnya hanya sekitar 66 persen yang sampai. Untuk itu coba ambil wortel. Makanan favorit Bugs Bunny's ini mendapatkan rona oranye dari karoten masuk dalam keluarga beta karoten, sebuah provitamin yang dikonversi menjadi retinol dalam tubuh Anda.

Sebuah penelitian oleh National Eye Institute, Inggris, menemukan retinol melindungi permukaan mata Anda dan mengurangi risiko terkena degenerasi makula terkait usia (penyebab paling umum kebutaan di Inggris dan Indonesia juga).

No comments:

Post a Comment