Visitor

Tuesday, January 1, 2013

Susuharai


Ada yang tahu tradisi apa yang selalu dilakukan di Jepang menjelang tahun baru?


Susuharai merupakan pembersihan menyeluruh. Dulu tanggal 13 sampai akhir bulan Desember melakukan pembersihan rumah secara keseluruhan. Sekarang banyak melakukannya pada 25-28 Desember. Menurut Tradisi kuno, rumah dibersihkan dari kumpulan debu, kotoran dan debu yang melekat selama setahun yang berkumpul di tempat-tempat yang sulit dicapai. Demikian juga, membersihkan tubuh secara jasmani dan rohani. Tujuannya adalah sebagai persiapan perayaan Tahun Baru dan menjauhkan hal yang buruk.

Ngomong-ngomong, hari ini aku juga sedang melakukan susuharai loh. Sebenarnya tidak hanya di tahun baru saja, setiap waktu senggang dan kurasa rumah sedang kurang bersih, aku mulai rajin membersihkan ruang tamu, kamar, kamar belakang, kamar mandi bahkan sampai di belakang dapur dan meja makan. Berhubung aku akan mengambil jurusan Kebudayaan, aku akan sering menulis dan mengaitkannya dengan kebudayaan Jepang.


Dan ini beberapa istilah-istilah tradisi tahun baru di Jepang:

Nengajou 年賀状
Kartu pos untuk saling berucap-ucapan di saat tahun baru di Jepang. Biasanya waktu pengiriman akan dimulai pada tanggal 15 sampai 25 Desember. Kartu ini akan dikirimkan oleh Pak Pos (dan pasukan arubaito, karena jumlahnya yang bisa miliaran) tepat pada tanggal 1 Januari. Kirim-kiriman kartu ini bisa ditoleransi sampai tanggal 15 Januari.

Bounenkai 忘年会
Lupakan taun (lalu)! Begitu kira-kira arti dari setiap pertemuan yang dimaksudkan untuk mengakhiri taun. Dengan melupakan, diharapkan prestasi yang lebih baik bisa ditingkatkan di tahun baru yang akan datang. (Aku pernah mengadakan bounenkai bersama teman kuliahku loh, sekitar akhir 2010 kalau tidak salah, menyambut tahun baru 2011)

Kodamatsu こだまつ
Hiasan dari bamboo (bambunya diruncingin) sebanyak 3 buah, dipakai sebagai hiasan di rumah pertanda tahun baru.

Matsukasari 松盛り
Hiasan dari cemara yang biasanya digantungkan di depan regol atau pintu masuk rumah orang Jepang, sebagai tanda menyambut tahun baru.

Shimekazari しめざかり
Hiasan dari cemara (dan mungkin ada bambunya juga) yang biasa digantungkan di kendaraan pribadi orang Jepang. Di samping sebagai tanda menyambut tahun baru agar beruntung.

Shimenawa 注連縄
Hiasan seperti tali sumo tingkat Yokozuna, Asashuryo atau Musashimaru dan putih zig zag. Biasanya dipasang di jinja-jinja, atau kalau kecil bisa juga dijumpai di hiasan-hiasan rumahan.

Hatsuuri 初売り
Dari kanjinya saja sudah bisa terlihat bukan? Yang pertama kanji "Hajimaru" yang artinya "Mulai", berikutnya ada "Urimasu" atau yang artinya "Menjual". Ya, penjualan pertama. Biasanya toko-toko akan menggelar sale dengan nama hatsuuri ini. Potongan harganya pun menarik hati. Peristiwa yang ditunggu tunggu oleh orang Jepang sendiri, dengan ramai-ramai antri memburu barang yang diinginkan.

Fukubukuro
福袋

Tas keberuntungan. Sebenarnya tak hanya dijumpai saat shougatsu, tapi pada saat hatsuuri tersebut, juga disediakan berbagai barang berharga yang tak bisa dibuka (mungkin diintip bisa, asal tak merusak segelnya) dengan harga yang jauh di bawah harga sebenarnya.

Toshikoshi soba 年越しそば
Soba yang dikhususkan untuk dihidangkan menjelang tahun baru (31 Desember). Katanya dengan menyantap soba keberuntungannya di tahun yang baru akan semakin yahud.

Neshougatsu 寝正月
Bobok saat tahun baru. Kanji awalnya "Nemasu" atau bisa diartikan "Tidur". Karena biasanya tahun baru orang-orang Jepang kebanyakan di rumah atau mengadakan piknik, maka bobok saat tahun baru disebut dengan neshougatsu. Kalo di Indonesia mungkin malah bobok setahun saat pergantian tahun mungkin ya.

Shougatsu ryokou 正月旅行
Piknik saat liburan tahun baru.

Shougatsu sanganichi
正月三が日

Tiga hari pertama bulan Januari. Di hari itu pula orang Jepang libur atau istirahat dari semua aktivitas kesehariannya.

Oseibo お歳暮
Hadiah atau purezento yang diberikan saat taun baru. Anak-anak kecil biasanya mendapatkannya dari keluarganya (bapak, ibu, atau kakek neneknya).

Otoshidama
お年玉

Uang jajan (untuk anak-anak) saat tahun baru. Diberikan saat tanggal 1 Januari. Dan dompet/wadahnya pun bermacam-macam bentuk dan hiasannya.

Mochibana もち花
Hiasan dari ketan atau beras dan makanan-makanan lain untuk menyambut tahun baru.

Kagamimochi 鏡餅
Mochi yang punya bentuk setengah bola (dengan diameter sekitar 5-10 cm) dengan 2 buah lekukan (mirip yuki daruma kecil), penganan dari beras ketan (jadah, kalo di Indonesia, yang tumbukannya sangat halus). Kagamimochi ini biasanya berfungsi sebagai hiasan pertanda menyambut tahun baru.

Kagamibiraki
鏡開き

Peristiwa atau acara pembukaan kagamimochi tadi. Dilakukan tanggal 11 Januari.

Osechi ryouri
おせち料理

Masakan khas tahun baru.

Sebenarnya, masih banyak lagi istilah-istilah dari tradisi yang biasa dilakukan di Jepang menjelang awal tahun. Sebegitu siapkah mereka akan menyambut tahun baru ya? Dan sebegitu repotnya mereka untuk menyiapkan segalanya untuk awal tahun? Ya, seperti pada dasarnya prinsip orang Jepang, mereka semua menyiapkan segalanya dengan sangat detail dan rumit.

No comments:

Post a Comment