Visitor

Sunday, December 30, 2012

Raisha's hijab part 2

Siang ini sebelum Raisha pulang, aku iseng memakaikan jilbab lagi. Gadis kecil ini terlihat pasrah dan menurut. Asiknya, begitu ujarku. "Kek mana nanti kalau aku sudah punya anak ya? Keponakanku yang datangnya hanya seminggu sekali saja sering kubuat pasrah begini" :'''''''D

Aku: "Raisha ngga gerah? Mau dibukakan jilbabnya?"
Raisha: "Ngga tante, ngga gerah kok."
Aku: "Oke, kalau gitu mau foto sama Evan?"
Raisha: "Iya mauuuuu"


Perhatikan kucingnya. Pasrah juga bukan?




Terkadang begitu terlihat pasrah, tapi dalam hatinya senang. Begitulah keponakanku yang gembul ini. Rasanya ingin segera bisa melihat anak-anakku nanti. Kayak apa ya mereka? Maukah mereka kudandani setiap hari? Pasti cantik kalau perempuan, hihi.

Ini adalah gambar yang kuambil siang ini, sepasrah-pasrahnya anak ini kusuruh bergaya apapun, tetap saja cantik. Dengan jilbabnya yang kupakaikan agak sedikit longgar supaya tidak sakit, tidak membuat dia terlihat murung. Tapi aku sengaja memintanya untuk tidak terlalu senyum. 

1. Gaya #1 "Oke"


2. Gaya #2 "Duh bingung ya"


3. Gaya #3 "Aku imut kan?"


4. Gaya #4 "Duh gatal"


5. Gaya #5 "Peace"

 

6. Gaya #6 "Mau mengaji dulu ya"


7. Gaya #7 "Aku berdoa dulu ya"


 8. Gaya #8 "Alhamdulillah baru selesai mengaji"


:--------) 

Saturday, December 29, 2012

Raisha's hijab


 

goukaku (N4)

Resolusi tahun depan: Lulus N3/N2.


Ini adalah skrip kelulusanku, Insya Allah tahun depan yang tinggal beberapa hari lagi bisa kembali lulus di level yang lebih tinggi, Amin.

Friday, December 28, 2012

uas pertama part 2

Assalamualaikum saudara sekalian. Alhamdulillah nih, sudah sampai dirumah dengan selamat :DD Alhamdulillah, mau cerita tentang uas pertama mulai dari pengantar terjemahan sampai prakom-nya nih. Boleh yaaaaa? Ya, waktu uas pengantar, sebenarnya ngga begitu sulit sih. Tapi ada beberapa bagian yang buat gue linglung sendiri huwaaa T__T yang masih diinget waktu mau menerjemahkan "aniaya" dan gue lupa cek KBBI. Jadi sebenarnya kata "aniaya" itu kalau dijadikan "peng-an" bagaimana?

"Penganiayaan" atau "Penganiyayaan" atau??? yak, gue dibuat bingung sendiri sama spelling-nya. Betul sekali, jangan anggap remeh ketika menerjemahkan naskah dari bahasa asing ke bahasa ibu kita sendiri. Jangan salah, terkadang sedikit salah eja saja sudah membuat kesalahan fatal loh. (kata sensei di kampus) sebisa mungkin RAPIH. Tapi Alhamdulillah loh semua bisa dikerjakan dengan baik. Insya Allah, nilai gue di mata kuliah ini bisa jauh lebih baik dari nilai-nilai sebelumnya di semester kemarin. Jelas terlihat sangat beda, sekarang kalau mau belajar rasanya semangaaaaaat terus. Bener banget, kalau kita punya tujuan, motivasi, dan dukungan dari orang terdekat, keluarga, ketika kita sedang berjuang untuk "lulus" begitulah rasanya, tidak capek, tidak lelah, tidak ingin menyerah, dan rasanya ingin terus mencoba sampai titik penghabisan. Ingat kata-kata Mama dan Ibu waktu itu. "Nak, kamu yang fokus ya belajarnya. Udah ada yang nunggu dan ditunggu kan? Jadi, ngga boleh malas ya." ya bu, ya mah. Insya Allah aku dan Kakak bisa terus berjuang dan mempertahankan semuanya dengan baik. Insya Allah kami kuat, Insya Allah kami terus selalu diberikan jalan Allah yang indah, jalan Allah yang lurus.

Nah, itu cerita tentang uas terjemahan. Bagaimana kalau prakom? Begini ceritanya...

Sekitar pukul satu siang, gue beserta temen-temen seangkatan ngumpul di Ruang 202. Yak, cuma 50-an kok satu angkatan. Banyak kan? T____T begitu sampai, ternyata sensei bilang, "Sepertinya ngga muat ya kalo kalian satu angkatan di ruang kecil gitu?" ya, kami menyadari kok, ruangan yang biasa dipakai untuk kelas Tata Bahasa itu hanya cukup jika diisi sekitar 20 orang saja. Kalau lebih dari itu, biasanya kami merasa agak gerah. Maklum, ruangannya ga begitu luas. Jadi, akhirnya kami memutuskan untuk pindah ke kelas yang lebih besar. Di Ruang 402, lantai 4. Di kampus ngga ada lift, maklum mirip sekolah gitu, jadi buat apa pakai lift segala? Wong cuma empat lantai aja sih ya. Nah, begitu sampai diatas, ternyata oh ternyata TIDAK ADA AC. Ya, beberapa dari kami pun mencoba menghubungi petugas untuk dinyalakan AC-nya. Tapi ternyata kata pak petugas AC di ruangan tersebut sedang rusak dan kebetulan kelompok pertama yang maju (yang presentasi) itu kelompok gue... Hiks. Baru aja gue memperkenalkan diri kelompok gue dan bilang "De ha, hajime...ma..." "Maaf Bu, AC di ruangan ini memang mati. Kalau mau pindah ke lantai 2 aja." GUBRAKKK. Gimana ya, udah terlanjur disini. Dan seketika itu gue langsung memperhatikan audiences. Semua asik berkipas-kipas ria sambil agak membuka baju mereka *bagi yang cowok* duh ampun, ternyata sepanas ini rasanya. Dan gue masih heran sambil cengo, sensei gue yang orang jepang itu kok malah ngga keringetan sama sekali? Padahal jelas-jelas kami semua disini sudah bermandikan keringat. Wajahnya yang putih berubah jadi agak merah, ya seperti begitulah pengakuan orang jepang yang sudah lama tinggal di Indonesia. Ternyata tubuh dan kulit mereka pun berubah menyesuaikan cuaca dan iklim di Indonesia. 

"De ha, hajimemasho..." akhirnya presentasi dimulai. Dan dengan percaya diri gue menjelaskan satu per satu sambil terus memperhatikan temen-temen gue yang terus kipasan. Beneran panas ya? Tapi sungguhan, kalau diingat-ingat dulu juga pernah kejadian seperti ini dan gue mandi keringat. Tapi hebatnya, semenjak pake jilbab gue ngga pernah ngerasa gerah banget. Justru, adem. Nah, begitu gue selesai mempresentasikan bareng dua temen gue, anak-anak terlihat ngga ada yang mau nanya. Mereka sibuk kipasan. Dalem hati, udah kek ngga usah ada yang nanya, panas begini juga, sambil lesehan. Baru kali ini gue lihat ada perkuliahan (UAS LAGI) semuanya lesehan. Lucu. Lucu bed gue bilang ini :DD seusainya, ada dua pertanyaan yang dilontarkan sensei untuk kami. Jujur, ini diluar dugaan kami. Kami pikir akan sesulit apa gitu. Kami pikir akan selama apa kami berdiri disitu. Ternyata rasa deg-deg-an atau nervous ngga lagi dirasakan. Rasanya sudah kebal semenjak kuliah.

Begitulah kira-kira cerita untuk uas pertama ini, selalu ada hal yang menyenangkan, selalu ada hal yang membuat kita akan terus bersyukur. Jujur, aku sangat senang dengan kuliahku yang sekarang. *LOH KOK JADI AKU* back to Gue. Iya, gue seneng banget dengan perkuliahan yang sekarang. Gue ngga begitu mempedulikan teman-teman yang lain, yang sibuk, yang ngajak jalan, yang main geng-an, bahkan adek kelas yang minta kenalan sampe minta gue untuk jadi tutor dia. Bukannya ga peduli, tapi memang gue lebih memprioritaskan kefokusan gue untuk kuliah aja saat di kampus. Buat gue, kampus ga sepenuhnya tempat untuk cari jodoh atau teman, kampus ya untuk belajar. Sepenuhnya untuk belajar. Karena sekarang, bagi gue, sudah bukan lagi saatnya main-main. Mau sampai berapa tahun kuliah? Kuliah itu bukan seperti sekolah, yang bisa dibantu kelulusan sama guru pembimbingnya. Di kampus, di dunia perkuliahan, kita semua yang urus. Mau berapa tahun kuliahnya, kita semua yang atur. Ngga ada campur tangan dosen lagi, dosen ya dosen, mahasiswa ya mahasiswa. Jadi, buat kalian yang ingin berlama-lama di kampus karena ada gebetan atau sebagainya, silahkan saja berlama-lama karena memang menjadi malas lebih mudah dibanding menjadi rajin. Tapi gue, ngga akan mau dan ngga akan bisa mengorbankan waktu gue yang lebih berharga hanya untuk kuliah lebih dari empat tahun. Kasihan orangtua sudah bayar setiap semesternya, moso kita mau leha-leha dan biarkan nasib membawa peruntungan kita mau lulus tahun berapa. Malu kan kalau sampe kita lulus bareng junior yang tadinya minta tutor ke kita? 

Semoga ini bisa menjadi inspirasi buat yang membaca. Semoga kalian yang membaca bisa lebih semangat kuliah, jangan ditunda-tunda. Lebih baik rela-relain rajin sekarang daripada "nanti-nanti sajalah rajinnya, wong masih muda yang penting have fun dulu". Mau sampai kapan?

Thursday, December 27, 2012

uas pertama

holaaaaaaaaaaaaaaa :DD mumpung masih 2012 mau nge-post ah *ga nyambung* yak, hari ini merupakan hari pertama gue uas di semester lima wohoooo *dancing hula-hula* seperti yang sudah diduga, satu semester itu ga akan terasa lama atau membosankan. kalo udah enjoy sih, sampe wisuda nanti juga akan dinikmati kok. anyway, uas pertama di minggu tenang ada dua, yang pertama: pengantar terjemahan, ya dari namanya aja udah ketauan kan masih "pengantar" dibilang sulit, ngga sih, berhubung ini mata kuliah wajib jadinya gue ambil di semester ini. tapi sebenernya ini mata kuliah semester tiga loh, ngga gue ambil kemarin karena lupa -_- (alasan apa ini) oke, kembali ke yang tadi. iya, jadi bisa dibilang gue ini ngga terlalu suka sama terjemahan walaupun sebagai anak sastra ya sudah kewajiban bisa menerjemahkan. sejak semester kemarin pun gue udah punya tekad untuk ngambil budaya. nah, kebetulan untuk tema skripsi kali ini gue udah ada ide, mulai dari sekarang gue mau coba perluas ilmu dan pengetahuan gue tentang kebudayaan supaya lebih mudah lagi ketika nanti benar-benar sudah menyusun skripsi. yang kedua: prakom. alias praktik komunikasi. sudah jelas kan dari namanya? ada praktik dan ada komunikasi. pasti ujung-ujungnya setiap (maha)siswa harus dan wajib ngomong. pake bahasa apa? ya pake bahasa jepang lah! :bb

di uas prakom ini sebenarnya cukup asyik dan menyenangkan karena gue kerja kelompok bertiga. seperti biasa, gue disuruh jadi pemimpin di grup ini azeeek dah. ya memang asyik, pertama tugasnya memang disuruh presentasi tentang tata cara pemakaman di jepang dan indonesia beserta perbedaannya. nah, dari kemarin gue udah coba tanya-tanya temen orang jepang bahkan browsing. memang temanya lumayan asyik. dan Insya Allah uas hari ini lancar ya pemirsa. Amin :):)

Wednesday, December 26, 2012

upacara kematian di jepang (repost untuk tugas)

Upacara pemakaman di jepang disebut dengan istilah soushiki, yang berasal dari kata sou [mengubur] dan shiki [upacara]. Soushiki meliputi masa semayam jenazah, kremasi, penguburan, dan layanan memorial secara berkala. Waktu kebanyakan penduduk jepang memeluk agama Buddha dan Shinto, hampir 90% soushiki dilakukan menurut agama Buddha. Soushiki dimulai dengan upacara matsugo no mizu berupa pembasahan bibir jenazah menggunakan air setelah jenazah dimasukkan dalam peti mati. Selanjutnya ada proses yang disebut dengan kamidana fuji, dimana jenazah dimasukkan ke dalam ruangan tertutup kertas putih, yang dipercaya untuk mencegah arwah tidak suci masuk ke dalam.

₪ UPACARA SEMAYAM
Sebelum proses semayam, jenazah dimandikan dan ditutup lubang telinga dan hidungnya dengan kapas. Jenazah kemudian diberi pakaian berupa setelan jas [untuk pria] atau kimono [untuk wanita], dan kadang-kadang juga diberi make-up. Setelah itu jenazah dibaringkan di  dalam peti mati berisi es kering beserta kimono putih, sendal, 6 keping koin yang dipercaya akan digunakan almarhum untuk melintasi 3 neraka, dan benda yang bisa terbakar yang disukai almarhum selama masih hidup, seperti permen atau rokok. Peti mati kemudian diletakkan di altar untuk disemayamkan, dengan aturan posisi kepala menghadap utara, atau alternative kedua yaitu menghadap barat. Di sebelah peti mati diletakkan meja kecil yang dihiasi bunga dan lilin. Selama proses semayam, pihak kelurga almarhum memberitahukan kabar duka pada semua kerabat dan rekan almarhum agar bisa memberikan penghormatan terakhir. Tapi ada satu hari yang harus dihindari pada upacara pemakaman yang dikenal dengan sebutan tomobiki [tomo=teman; hiki=menarik], yaitu suatu hari yang baik untuk melaksanakan pernikahan. Pada hari tomobiki tidak akan ada orang yang mau datang ke upacara pemakaman karena menurut takhayul siapapun yang datang akan dibawa serta almarhum ke dunia akhirat. Para tamu yang yang ingin mengucapkan duka cita pada keluarga almarhum umumnya mengenakan pakaian berwarna hitam. Pria biasanya mengunakan kemeja putih dipadukan dengan jas dan dasi hitam, sedangkan wanita menggunakan kimono atau pakaian serba hitam. Setiap tamu yang datang biasanya membawa uang duka yang dimasukkan dalam amplop putih berdekorasi pita warna hitam dan perak. Besarnya uang duka tergantung seberapa dekat hubungannya dengan almarhum dan keadaan ekonomi si pemberi yang biasanya berkisar antara 300 ribu hingga 3 juta rupiah. Para tamu yang sudah hadir biasanya duduk di kursi yang sudah disediakan dengan posisi berhadapan dengan peti jenazah. Setelah tamu yang hadir memenuhi ruangan, pendeta Budha memulai upacara dengan membaca kitab sutra untuk mendoakan jenazah, sementara keluarga jenazah bergantian mendoakan jenazah dengan memegang dupa yang kemudian ditanamkan pada kendi kecil di atas meja altar. Upacara berakhir setelah pendeta selesai membaca kitab, dan para tamu yang pulang diberikan kenang-kenangan, sedangkan keluarga dekat almarhum menginap di ruangan yang sama dengan peti jenazah.

₪ PEMAKAMAN
Pemakaman dilakukan keesokan hari setelah jenazah disemayamkan. Upacara pemakaman tidak terlalu berbeda jauh dengan upacara semayam, hanya saja di sini pendeta Buddha menyanyikan kitab sutra. Setelah itu almarhum akan diberikan nama Buddha baru yang disebut dengan kaimyo. Huruf kanji pada kaimyo yang diambil dari huruf tua yang sudah jarang digunakan sehingga hanya sedikit orang jepang yang bisa membacanya. Pemberian tersebut bertujuan untuk mencegah arwah almarhum kembali ke jenazah saat namanya dipanggil. Panjangnya nama yang diberikan pada almarhum tergantung besarnya jumlah sumbangan uang yang diberikan kelurga almarhum pada kuil Buddha. Setelah upacara berakhir, para tamu dipersilahkan meletakkan bunga ke dalam peti mati sebelum disegel menggunakan paku dan dibawa kereta jenazah menuju krematorium atau kuburan.

₪ KREMASI
Pada saat proses kremasi, peti yang berisi jenazah pertama-tama diletakkan di atas penampang untuk didorong masuk kedalam ruang kremasi. Kejadian tersebut disaksikan para anggota keluarga almarhum. Proses kremasi berjanlan sekitar 2 jam, setelah itu pihak keluraga memisahkan bagian abu dan tulang almarhum. Bagian tulang diambil oleh 2 orang keluarga menggunakan sumpit secara bersamaan atau dioper dari dari sumpit ke sumpit dan dimasukkan ke dalam guci atau kendi kecil. Tulang tersebut harus diletakkan mulai dari bahian tulang kaki sampai tulang tengkorak. Kadang-kadang ada juga yang membagi menjadi dua abu jenazahnya ke dalam 2 kendi. Tujuannya agar abunya dapat disimpan di beberapa tempat.

₪ PENGUBURAN
Di Jepang kuburan keluarga [haka] umumnya terdiri dari monumen batu nisan dengan ruang kecil tempat menyimpan bunga dan dupa. Di depan batu nisan terdapat tempat air dan sebuah ruang bawah tanah untuk menyimpan abu. Nama almarhum diukir di depan atau sebelah kiri monumen nisan, sedangkan di sebelahnya diukir tanggal digalinya kuburan dan orang yang membeli kuburan tersebut. Kadang-kadang nama suami atau istri almarhum yang masih hidup juga diukir pada batu nisan, namun dengan tinta berwarna merah yang akan dihapus setelah yang bersangkutan meninggal dan dikubur di tempat yang sama. Hal ini dimaksudkan agar biaya penguburan lebih murah, selain itu memberi kesan kalau sang pasangan hidup sudah siap untuk mengikuti almarhum. Selain di batu nisan, nama almarhum sering juga ditulis di sotoba, sebuah papan kayu yang ditanamkan didepan atau belakang kuburan. Beberapa kuburan juga memiliki tempat kartu nama yang bisa digunakan rekan almarhum sebagai tanda kalau yang bersangkutan telah mengunjungi kuburan itu.

Upacara pemakan di Jepang memakan biaya yang sangat besar. Bila digabungkan mulai dari upacara pemakaman hingga penguburan, seluruhnya rata-rata menghabiskan biaya sebesar 4 juta yen, yang merupakan upacara pemakaman termahal di dunia. Penyebab utama mahalnya harga tersebut disebabkan karena orang Jepang tidak mau bernegosisasi dengan pihak perusahaan jasa pemakaman karena alasan gengsi tidak ingin dianggap perhitungan pada keluarganya. Karena itu banyak pengusaha jasa pemakaman memanfaatkan kesempatan dengan memasang harga tinggi bekerjasama dengan pihak penjual bunga, pendeta kuil, dll. Selain itu semakin terbatasnya lahan untuk kuburan membuat harga tanah makin mahal, bahkan di beberapa di kota besar seperti Tokyo sudah tidak ada lagi tempat yang bisa dijadikan kuburan.

Dalam bahasa jepang, “mati” punya banyak istilah yaitu;
  1. Shinu (死ぬ) = istilah mati yang digunakan untuk hewan, bisa juga digunakan untuk orang tetapi bekonotasi.
  2. Nakunaru (亡くなる) =  meninggal [digunakan untuk orang]
  3. Seppuku, harakiri (切腹、腹切り) = istilah ini dipakai untuk orang yang mati bunuh diri dengan cara membelah perut dengan pisau. Dulu seppuku atau harakiri sering dilakukan oleh para samurai dan ninja yang gagal dalam menjalankan misinya.
  4. Kamikaze (神風) = mati mengorbankan diri demi tujuan yang dianggap mulia.
  5. Jisatsu (自殺) = mati bunuh diri.
  6. Inseki Jisatsu (隕石自殺) = mati bunuh diri karena merasa bersalah.
  7. Junshi (巡視) = mati mengorbankan diri sendiri untuk mengikuti tujuannya.
  8. Jumonji (ジュモンジ) = istilah bunuh diri semacam seppuku namaun lebih menyakitkan dengan cara membelah perut dengan pisau secara vertikal.
  9. Shinju (シンジュ) =bunuh diri ganda. Istilah ini juga digunakan untuk orang yang tewas dibunuh.
  10. Joshi (ジョシ) = bunuh diri ganda sepasang kekasih.
  11. Oyako Shinju (親子シンジュ) =bunuh diri ganda antara orangtua dan anak.
  12. Boshi Shinju (母子シンジュ) = bunuh diri ganda antara ibu dan anak.
  13. Fushi Shinju (父子シンジュ) = bunuh diri ganda antara ayah dan anak.
  14. Ikka Shinju (一家シンジュ) = bunuh diri sekeluarga.
  15. Muri Shinju (無理シンジュ) = kematian yang disebabkan karena pembunuhan.
  16. Goi Shinju (ゴイシンジュ) = mati secara sukarela.
  17. Funshi (憤死) = bunuh diri untuk mengekspresikan kemarahan.
  18. Tonshi (頓死) = kematian mendadak.

tentang mata

Tepat kemarin gue baru selesai ngambil kacamata baru dengan minus yang baru pula. Pusing, goyang dan sedikit keleyengan memakai kacamata baru ini. Tapi gimana, mama meminta gue untuk tetap pakai kacamata yang baru itu, ini dikarenakan 2 tahun lamanya gue ga periksa mata. Ternyata minusnya nambah 1,00. Nah, berhubung salah satu cara untuk memperbaiki mata yang rabun dengan mengkonsumsi wortel, dengan ini gue siap untuk mulai mengubah pola makan baru. 

Ada beberapa artikel ringkasan menarik yang berhubungan dengan mata, cekidot gan! :b

Kesehatan Mata
Seperti yang telah kita ketahui, wortel merupakan salah satu sayuran yang paling banyak mengandung vitamin A. Di retina vitamin A akan berubah menjadi rhodopdin yang merupakan salah satu pigmen untuk mempertajam penglihatan di malam hari.  

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat wortel yang bisa kita dapatkan dan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dapat  Mencegah Penyakit Kanker. Kandungan falcarinol yang terdapat di dalam wortel ini merupakan senyawa yang mampu mencegah penyakit kanker sekaligus sebagai senyawa anti-kanker.
  2. Menyehatkan Kulit. Vitamin A yang terdapat di dalam wortel inilah yang mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit anda. Selain itu, wortel juga mampu menghilangkan bercak hitam atau yang biasa disebut dengan flek wajah.
  3. Memelihara Kesehatan Mata. Mengenai manfaat wortel yang satu ini sudah tidak bisa lagi dipungkiri karena wortel merupakan salah satu sayuran yang memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kita secara alami.
  4. Dapat Mencegah Penuaan Secara Dini. Kandungan beta karoten yang ada pada wortel ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh kita untuk melawan pengaruh negative dari radikal bebas. Untuk itu wortel sangat baik dikonsumsi agar terhindar dari beberapa penyakit.
  5. Mampu Mencegah Stroke. Dari sebuah penelitian terbukti bahwa wortel mampu menurunkan resiko terserang penyakit stroke. Cukup hanya dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. Wortel sepertinya telah menjadi salah satu icon tanaman yang baik untuk kesehatan mata. Warnanya yang segar juga diikuti dengan manfaatnya yang baik untuk mata kita. Jika kita melakukan konsultasi ke dokter mata mengenai kesehatan mata kita maka salah satu nasihat sang dokter sebagian besar adalah mengonsumsi tanaman ini. Dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan dan menjadi salah satu favorit adalah dijadikan bentuk jus sehingga lebih mudah untuk dinikmati.

    Kandungan Gizi Wortel

    Mengenai kandungan gizi dari wortel sendiri yang berhubungan dengan kesehatan mata kita adalah vitamin A. Kita ketahui vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata kita. Jika tubuh kita kekurangan vitamin A akan menyebabkan keadaan avitaminosis A dan beresiko tinggi terjadi penyakit rabun senja. Untuk itu mereka yang memiliki masalah terhadap mata dianjurkan untuk mengonsumsi setiap hari. Selain itu sangat bermanfaat juga untuk mencegah menurunnya fungsi kesehatan mata kita. Kesehatan cukup penting bagi kehidupan manusia.  
Sudah sering kita dengar tentang khasiat wortel untuk kesehatan mata. Memang anggapan ini benar, namun juga ada salahnya. Selama ini orangtua sering menyuruh anaknya untuk mengkonsumsi wortel karena dipercaya dapat membuat mata menjadi sehat. Faktanya wortel tidak akan meningkatkan ketajaman visual seseorang yang sudah memiliki penglihatan yang kurang sempurna. Tapi vitamin yang terkandung di dalam wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh. Wortel mulai terkait dengan kesehatan mata sejak perang dunia II. Pada saat itu pilot pesawat tempur John Cunningham memiliki penglihatan terbang yang bagus di malam hari setelah mengkonsumsi wortel secara rutin. Akhirnya banyak orang mengkonsumsi wortel agar bisa memiliki penglihatan yang sempurna.


Wortel mengandung senyawa beta karoten yaitu suatu zat yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A (salah satu gizi penting untuk kesehatan mata). Senyawa beta karoten adalah pigmen karotenoid yang ditemukan pada sayur dan buah-buahan yang berwarna oranye. Beta karoten ini merupakan precursor penting bagi pembentukan vitamin A. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin A ekstrem bisa menyebabkan kebutaan. Bahkan di beberapa Negara berkembang, kekurangan vitamin A menjadi penyebab utama kebutaan. Selain itu kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan Xeroftalmia yaitu kondisi mata tidak bisa lagi memproduksi air mata, mengalami kekeringan di mata, pembengkakkan kelopak mata dan gangguan kornea. Namun jika gangguan mata yang dialami bukan disebabkan karena kekurangan vitamin A, maka kondisi penglihatan tidak akan berubah meskipun seseorang mengkonsumsi wortel dalam jumlah besar. Wortel bukan satu-satunya sayuran yang mengandung beta karoten. Makanan lain seperti ubi jalar, mangga, aprikot, dan labu juga mengandung beta karoten. Selain itu susu, keju, kuning telur juga mengandung beta karoten. Ubi jalar, mangga, apricot, dan labu juga mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama lutein. Makanan yang mangandung banyak lutein dapat meningkatkan kepadatan pigmen dalam macula yaitu daerah berwarna kuning yang berbentuk oval dan terletak di dekat retina mata. Semakin besar kepadatan pigmen dalam macula, maka retina mata akan semakin terlindungi dengan baik dan mengurangi resiko degenerasi macula. Jadi jika gangguan mata disebabkan karena kekurangan vitamin A maka mengkonsumsi wortel bisa membantu memperbaiki kesehatan mata. Namun jika tidak disebabkan karena kekurangan vitamin A, mengkonsumsi woretl tidak akan memberikan pengaruh. Namun tidak ada salahnya jika mengkonsumsi wortel untuk memenuhi asupan vitamin A bagi tubuh.

Manfaat Wortel Mencerahkan Mata
Seiring bertambahnya usia lensa mata Anda akan tumbuh lebih tebal dan kurang transparan. Hasilnya adalah cahaya kurang mencapai retina Anda. Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Visi dan Aging menemukan cahaya retina pada usia 60 tahun umumnya hanya sekitar 66 persen yang sampai. Untuk itu coba ambil wortel. Makanan favorit Bugs Bunny's ini mendapatkan rona oranye dari karoten masuk dalam keluarga beta karoten, sebuah provitamin yang dikonversi menjadi retinol dalam tubuh Anda.

Sebuah penelitian oleh National Eye Institute, Inggris, menemukan retinol melindungi permukaan mata Anda dan mengurangi risiko terkena degenerasi makula terkait usia (penyebab paling umum kebutaan di Inggris dan Indonesia juga).

they're growing up :)

Saturday, December 22, 2012

hijab

tidak semudah perkataan yang terucap. tidak semudah mengikuti gaya masa kini. tidak semudah sepenglihatan kita sebagai orang lain yang menilai. ternyata, aku diberikan hikmah ini dengan cara yang begitu indah. Insya Allah aku akan tetap menjadi muslimah yang selalu menaati segala perintahNya. entah bagaimana orang akan berkata apa padaku. tapi itu bukan masalah. aku hanya fokus pada tujuanku. tujuanku untuk terus mencintai Allah dengan mengikuti segala amanah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. hidupku begitu berarti. tidak ada yang perlu disesali. tidak ada yang tidak indah jika kita mampu mensyukurinya.

Sunday, October 14, 2012

holding hands



Nam: Did you use to hold someone's hand like the squids?
Chon: Once. An awkward-faced girl was falling down from the stage. So I held her hand.

I know if I were Nam, I will quite smiling a second to realize that I won't, I can't get off of your hands. I wish we can holding hands forever and ever.

Wednesday, February 15, 2012

My New-Persian-Cat and new occupation.

Wuaaaaaaaaaaaaaa-----! Hisashiburi, da na, Minna -san! Genki ka? Maa ne, kondo wa isshogashidesukedo, minna ni aitai na! Daigaku no koto mo, ENJUKU mo, sore de, atarashii shigoto ga aru kara (um, furiransu dake!) hontou ni taihen da!

Korya! Minna, neko ga daisuki desuka? XD BOKU WA YOKU DAISUKI YOOOO!
Boku no Neko-chan, namae wa Dona desu. Minna yoroshiku------!


Dona's trivia:
- setelah gigit jari kita, dia suka ngejilat.
- suka mainan plastik
- betah dipakein kalung "D"
- makanannya Royal Canin Persian 32
- sudah di vaksin 3 macam penyakit (tahap pertama)
- sudah nyalon perdana
- punya baju warna orange
- suka memanjat di manapun
- ngga betah di kandang
- kalo di gendong orang baru, anteng

Beberapa sifat dan kebiasaan Dona yang setiap hari selalu gue perhatikan membuat gue merasa seperti punya anak sendiri. Perawatannya memang agak mahal ya, tapi sebanding dengan apa yang gue dapatkan: kebahagiaan merawat seekor kucing Persia. Beda lho dengan kucing lokal, mereka ngga ngerti dan susah diajarin jadi rapih, buang kotoran juga berantakan, tapi kalau kucing yang seperti ini sudah terlatih dari kecil.

Dona nggak pernah nggak diem. Dia selalu suka kalau gue keluarin dari kandang, kadang kalo difoto seperti "buntelan kentut" tapi kalo difoto dengan cahaya yang cukup, kelihatan cantik banget!





Gue sayang banget sama bocah satu ini. Dia selalu nungguin gue pulang kuliah--kerja--enjuku--dll. Dia juga selalu gue keluarin dari kandang kalo gue udah seharian dirumah. Tapi rasanya mustahil selama liburan ini gue sering dirumah, setiap hari gue kerja freelance Marketing dan sekarang jadi jarang dirumah.

Entah bagaimana gue harus memulai pekerjaan ini, tapi gue akuin ini pekerjaan yang susah-susah-gampang, nyari temen lagi, menguasai product knowledge, jadi sales marketing yang suka dijelekin, dan semuanya deh! Ladies & Gents, kalian tau nggak kalo ngga semua sales itu kelihatan rendahan lho! Mereka mentalnya mental baja kalo kalian tau. Pernah lihat kan mbak-mbak yang datengin rumah orang satu per satu jualan barang? Salut gue sama orang yang seperti itu, udah panas, capek, tenggorokan kering, dan ngga ada yang beli, bahkan jualan mereka ditargetkan. Sama aja kayak marketing Bank, kalo ngga dapet nasabah ya kita nggak gajian! Tapi logikanya, ngga mungkin dalam sebulan nggak dapet nasabah, kalo ngga dapet berarti ngga kerja dong?

Harus gue akui, gue butuh dana buat ngehidupin Dona kelak. Dan dana itu nggak sedikit. Belum lagi gue harus benerin laptop, nabung buat modal usaha, kasih ke nyokap, beli peralatan ini-itu buat dirumah, dll. Masih banyak kebutuhan yang harus dicukupi, maka dari itu gue berusaha survive untuk kerja freelance disitu. Toh, namanya kerja nggak ada yang extra instan dan gajian banyak. Gue juga udah bersyukur dapet dua juta.

---

Banyak hal yang bisa membuat kita semangat untuk mencari uang, salah satunya kalau punya hewan peliharaan yang butuh dana banyak. Mau nggak mau kita harus kerja. Siapa lagi yang mau menanggung biaya hidupnya? GUE! Gue akan kerja buat Dona, buat beli lagi teman mainnya dia, buat ngelengkapin makanan keseharian, dokter, vaksin, dan salon. Semua itu bertahap. Sekarang saatnya gue belajar mandiri dan fokus dengan dua hal, yaitu kerja dan kuliah. Mumpung kuliah masih libur, gue akan fokusin satu bulan ini dulu. Jya, Keep Fighting!! <3